Penjelasan Contoh Properti Tari Kuda Lumping Dan Maknanya

properti Tari Kuda Lumping pastinya berbeda dengan beberapa tarian khas Indonesia, yang lain dan hal tersebut lah yang membuat tarian Kuda Lumping cukup unik. Tentu saja, setiap properti yang digunakan di Tari Kuda Lumping memiliki maknanya sendiri.

Anda pun tentu sudah tidak asing lagi dengan tarian Kuda Lumping, yang mana dari melihatnya saja anda bisa langsung mengenali bahwa itu adalah Kuda Lumping. Tidak hanya mengenakan properti beruapa anyaman berbentuk kuda saja tapi ada beberapa properti lain yang juga digunakan.

Nah, kali ini kami pun akan membahas hal tersebut untuk anda dengan lebih lengkap. Penasaran apa saja yang masuk dalam properti tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya dari frenzychord yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber terpercaya.

Properti Tari Kuda Lumping

Tentu banyak dari anda yang sudah tidak asing lagi dengan Tarian Kuda Lumping, yang mana sampai saat ini sering sekali diadakan pertunjukan Kuda Lumping. Tentu saja, hal tersebut karena minat masyarakat Indonesia, yang masih tinggi untuk Kuda Lumping. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, justru dengan banyaknya minat orang Indonesia, sendiri maka kebudayaan tersebut akan tetap ada.

Sesuai dengan namanya, tarian ini sendiri menggunakan sebuah anyaman berbentuk kuda yang nantinya dijadikan properti oleh penarinya. Karena itulah tarian ini dinamakan dengan tarian Kuda Lumping, karena sang penari menaiki anyaman kuda.

Tentu tidak hanya anyaman berbentuk kuda saja, tapi ada beberapa properti lain yang digunakan dalam tarian tersebut. Menariknya, ada beberapa properti yang khas dalam kelompok tertentu, karena memang ada banyak sekali kelompok kesenian Kuda Lumping, ini.

Baju Khas Kuda Lumping

Tentu saja, yang menonjol dan terlihat jelas selain anyaman berbentuk kuda adalah baju khas tarian kuda lumping. Setiap penari akan mengenakan sebuah kemeja dengan kaos yang memiliki warna cerah. Menariknya, setiap kelompok dari kesenian kuda lumping memiliki desain yang berbeda beda.

Memang tidak ada aturan pasti akan penggunaan baju tersebut, dan perbedaan tersebut justru akan menjadi sebuah keunikan setiap kelompok yang terlibat. Biasanya, para penari juga masih akan mengenaikan sebuah rompi dengan beberapa aksesoris.

Rompi

Seperti yang sebelumnya kami singgung bahwa para penari kuda lumping ini mengenakan sebuah rompi. Sama seperti penggunaan baju, rompi sendiri juga memiliki motif yang beragam dan akan disesuaikan dengan setiap kelompok itu sendiri.

Penggunaan rompi biasa ditemui saat para penari memulai pertunjukan. Namun, apabila tarian ini akan masuk dalam tahap kerasukan, maka rompi tersebut akan dilepas terlebih dulu dan mengenakan kaos saja sebagai atasanya.

Cambuk

Sama halnya dengan anyaman bambu berbentuk kuda, cambuk menjadi properti Tari Kuda Lumping yang wajib ada. Biasanya para penari akan memegang cambuk ini satu persatu bersamaan dengan menaiki anyaman berbentuk kuda tersebut. Tentu saja, setiap cambuk bisa menghasilkan suara yang cukup keras saat dihempaskan. Cambuk tersebut lah yang banyak menjadi alasan kenapa masyarakat menyukai tarian kuda lumping tersebut.

Itulah beberapa properti Tari Kuda Lumping yang pada dasarnya tidak ada ketentuan pasti untuk penggunaan desain atau corak baik itu untuk rompi atau pun untuk penggunaan bajunya.